4 Cara agar Anak Siap Hadapi Ujian Sekolah dengan Baik

Cara agar Anak Siap Hadapi Ujian Sekolah dengan Baik

Perhatian Anda kepada anak merupakan bagian penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya. Ilmu dari parenting school akan membantu Anda dalam mendidik dan memberikan pola asuh yang paling tepat. Anda juga akan mendapatkan solusi untuk membantu anak agar siap hadapi ujian sekolah dengan baik.

  1. Latihan Soal

Ibu adalah segalanya untuk anak Anda, itulah kenapa ibu perlu memahami apa saja yang dipelajari anak di sekolahnya. Perhatian dari waktu yang Anda berikan dapat membantu anak dalam mempersiapkan ujian sekolah. Bantulah anak untuk melakukan latihan soal-soal yang ada dari materi dari sekolah. Latihan ini akan membuat anak menguasai materi yang akan diujikan.

  1. Rangkuman Materi

Langkah dari parenting school untuk membuat anak siap menghadapi ujian dengan memintanya membuat rangkuman materi. Anak akan membaca dan memahami kembali semua materi yang ada sehingga dapat memahaminya dengan lebih baik.

Dari materi yang dirangkum akan membuat anak memiliki pertanyaan-pertanyaan yang masih belum dipahaminya dari materi yang ada. Ketika ada pertanyaan ini, Anda bisa membantu untuk menemukan jawaban. Jika ternyata tidak bisa, mintalah anak mencatatnya dan menanyakan jawabannya pada guru di sekolah.

  1. Jadwal Belajar

Belajar kerap sekali menjadi lebih rutin ketika akan memasuki masa ujian sehingga materi yang harus dipelajari menjadi menumpuk. Nah, Anda harus mengubah pola ini dengan menetapkan jadwal belajar secara rutin setiap harinya agar ketika akan ujian akan lebih mudah.

Anak hanya tinggal mengulang-ulang beberapa materi saja. Ingatkan anak dengan jadwal belajar agar tetap konsisten untuk terus mempersiapkan diri. Jadwal belajar rutin setiap harinya tidak perlu lama, cukup hanya dilakukan selama 30 menit.

  1. Menjaga Stamina Anak

Setelah mempersiapkan pemahaman yang dimiliki anak maka selanjutnya yang penting dipersiapkan adalah stamina anak. Berikan anak sarapan dan makan yang rutin agar kondisi kesehatannya tetap terjaga. Anak akan memiliki konsentrasi yang baik jika fisiknya berada di dalam kondisi tubuh yang sehat.

Pastikan semua nutrisi yang dibutuhkan anak terpenuhi agar tetap dalam keadaan sehat. Anda bisa memberikan multivitamin sebagai pendukung konsentrasi anak. Pastikan juga anak Anda mendapatkan tidur yang cukup, jangan biarkan anak begadang atau tidur terlambat menjelang ujian.

Kurangi waktu bermain anak Anda di luar termasuk smartphone agar istirahatnya cukup. Sebaiknya untuk menghindari pemberian smartphone pribadi kepada anak karena akan mempengaruhi kualitas belajarnya dan meningkatkan kemalasan.

Parenting school untuk membantu anak siap dalam menghadapi ujian bisa Anda terapkan sejak anak berada di kelas satu SD. Anak akan terbiasa dengan pola yang telah Anda terapkan sehingga ke depannya anak dapat mendisiplinkan dirinya. Seperti apa anak akan tumbuh dan berkembang merupakan peran besar bagi ke dua orang tuanya sejak ia masih kecil.